Friday, October 17, 2008
About Laskar Pelangi by Me



Selama liburan dua minggu kuhabiskan untuk membaca dan merenungi novel tetralogi fenomenal karya besar Andrea Hirata, Penulis jenius yang kaya akan pengetahuan dengan mengkolaborasikan antara sains dan sastra , dari fiksi dan non fiksi dan bahkan saat ini aku tengah menanti-nantikan bisa mendapat kesempatan menonton film Laskar Pelangi The Movie yang diciptakan oleh Riri Riza berdasar novel asli Laskar Pelangi Andrea Hirata. Dan aku harus bersabar karena kotaku hanya kota kecil layak Belitong yang gak pernah update dalam segala hal.......atau lebih tepatnya banyak tertinggal walau hanya dalam industri perfilman , bisa dibayangkan bagaimana dengan bidang yang lain....:D.

Back the topic, kok jadi ngomngin kota ku hehhehe...Laskar Pelangi sebuah karya sastra yang bagiku teramat fantastis , pintar dan fenomenal. Awalnya aku tak begitu tertarik untuk membacanya namun ketika berkunjung ke perpustakaan daerah Banyuwangi dan mendengan banyak orang membicarakan buku itu maka minatku muncul...hehehe..so i would hunted its.....agak kurang beruntung awalnya, aq malah menemukan buku tertralogi yang kedua dari seri laskar pelangi, Sang Pemimpi..wah ya jelas agak gak nyambung sich dan buku itu hanya bertahan ku baca sampai halaman setengah sampai akhirnya aku mulai mengobrak abrik internet ......mencari – cari di rental untuk benar – benar menemukan cerita awalnya.....yaitu Laskar Pelangi itu sendiri hhehhe sampai akhirnya keberuntungan datang, ketika liburan kemarin salah satu kakak kelas sekaligus temanku yang kuliah di bandung pulang dan membawakan aku buku – buku karangan Andrea Hirata yang menjadi Best Seller tersebut..........wuihhh senang, so pasti tapi tuh buku dipinjami bukan dibeliin hahhahha...dy membawakan aku seri laskar pelangi dan Edensor tetapi sayang aq belum sempat membaca yang seri Edensor dimana disitu diceritakan Ikal dan Lintang dewasa yang berada di bumi eropa...begitu setahu yang kutangkap dari sinopsinya. Buku2 itu keburu kukembalikan karena temanku akan segera terbang ke kampus tercintanya di kota hujan...........yaaaaaaaa aq belum tamat.

Akhirnya cerita menggantung, sampai akhirnya keberuntungan kembali memihakku.seseorang memberiku ebook laskar pelangi cihuiiiiiiiiii lengkap layak dibuku dan asal tw aja disini tuh buku masih bersifat langka, mw beli maupun nyewa harus nunggu antrean panjang 8 meter hehhehe........dan pokoknya aq happy and benar2 sangat berminat pada cerita ini. Andrea Hirata benar2 seorang yang jenius atau mungkin itu merupakan pengalaman dirinya sepenuhnya.cerita laskar pelangi itu memang fenomenal dalam dunia percetakan tapi sangat umum dalam kehidupan dan jujur ceritanya membuatku benar2 termotivasi............suatu cerita yang membuat mataku ataupun mata sebagian orang indonesia benar2 terbuka..........cerita tentang bagaimana pentingnya suatu pendidikan , dan betapa didunia ini tidak ada hal yang tidak dapat diraih atau lebih tepatnya tidak ada yang tidak mungkin , sesuatu hal yang mungkin memang terkadang sulit untuk diwujudkan atau hanya terkadang berbentuk eforia mimpi namun Tuhan Tahu jalan yang terbaik...sesulit apapun semua bisa diwujudkan asal ada kemauan dan semangat yang tak pernah padam.

benar2 cerita yang menginspirasi dan mengharukan dengan banyak pesan moral yang merasuk sanubari yang terkandung didalamnya,
Pesan moral seperti halnya semangat belajar sampai keujung dunia, sampai akhir hayat dan ketidak mampuan bukan halangan asalkan ada kemauan, pasti ada jalan. Kemiskinan dan keadaan ekonomi dalam titik minimal pun bukan halangan tuk mendapat ilmu pengetahuan dan kepintaran, Orang Miskin bukan berarti orang bodoh malah sudah banyak kenyataan justru orang – orang tak mampu lah yang bisa menembus dunia kesuksesan karena mereka mampu mempergunakan waktu dan kelebihan serta kekurangan mereka pada tempatnya, Kebersamaan adalah sebuah hal yang menyenangkan, kata lain dari Persahabatan dan Persaudaraan.bagaimana pentingnya seorang sahabat dan kesempatan bersama dengannya, bagaimana uniknya perbedaan yang bisa disatupadukan dalam semangat dan tujuan mulia, persahabatan abadi walau kadang nasib tak berpihak dalam tujuan yang sama tetapi tali persahabatan layaknya benang perak selalu terjulur tak nampak tetapi kuat.


Sebuah Prestasi tidak selalu diukur dengan angka dan materi, semua itu hanya nilai namun terkadang nilai dan prestasi yang lebih besar adalah dimana kita benar2 bisa berguna dan nampak .........materi tak selamanya berperan walau kita hidup butuh materi tapi semua tidak begitu penting dan membuat kita harus berhenti jikalau tak punya. Semangat dan optimisme dalam diri adalah modal utama yang dapat mematikan atau pun mengalahkan hal – hal apapun yang dianggap mustahil, semua bisa diwujudkan........itulah inti yang kudapat dari cerita ini, yang sebagian besar bahkan pernah aku alami.aq bisa menghayati dan mengerti karena aku pernah pula mengalaminya hanya saja aku lebih beruntung dari 10 anak – anak belitong tersebut...bahkan ada satu lagi pesan moral yang penting bahwa terkadang dunia ini memang tidak adil tapi terkadang itu justru merupakan suatu keadilan Tuhan...disini Tuhanlah yang sepenuhnya berperan..bahwa bagaimanapun Nasib adalah kuasaNya seperti contohnya dalam cerita ini , cerita tentang Lintang yang sangat cerdas.Tapi karena nasib kurang berfihak padanya, tak bisa pula lah Ia menamatkanSD nya.Sedangkan Ikal, yang biasa saja, jurstru bisa sekolah hingga ke Paris.

Hidup memang pahit....Tapi Allah Maha adil. Yang otaknya tajam, akan mampu bertahan dalam keadaan apapun. Maka Lintang pun demikian. Ikal, yang berotak biasa saja, diberi keberuntungan, hingga mampu ke Eropa. Suatu hal yang tak pernah Ia sangka... 5 acungan jempol seandainya saja aku punya, sebagai penghargaan untuk cerita ini.cerita yang benar2 membuat aku semakin termotivasi dan bersemangat…….cerita baru setelah cerita-cerita chicken soup yang pernah aku baca dan yang membuat aq semakin memberinya peringkat teratas adalah karena cerita ini adalah sekuel tentang cerita yang membumi dalam kehidupan di tanah airku sendiri itu yang membuatnya mendapat nilai lebih banyak plus setidaknya dimata ku sendiri.

The best inspiration for me!!
Bahkan dari situ kutemukan banyak quote yang menarik , terutama yang berbunyi ”Hidup adalah memberi sebanyak-banyaknya,Bukan menerima sebanyak-banyaknya" ketika membaca kalimat itu, pikiran ku terbuka lebar – lebar ibarat pintu gerbang yang terbuka lebar dan banyak hal menyeruak dari dalam dah hanya satu komentar ITU BENAR! Dan kontan saja itu jadi quote favoriteq.

Ketertarikanku pada cerita tetralogi ini semakin bertambah ketika melihatnya diangkat menjadi film oleh sutradara Riri Riza, memang tentunya tidak selengkap cerita aslinya tetapi dari film ini benar2 fantastis………..aku belum sempat menonton seutuhnya namun trailernya dah aq tonton sampai berkali – kali, dengan tokoh 12 anak belitong asli yang membuat chemistry cerita ini semakin tinggi. Benar2 film Indonesia the best bagiku dan sangat menyesal bila kita melewatkannya. Laskar Pelangi Is the Best!!! Beberapa screenshot diatas kubuat sebagai dasar kuat keinginanku untuk segera melihat film dan aksi ke 10 wajah polos yang tiba2 jadi artis mendadak. The great story, the great movie….and Great all…..!! I am Veri Like its!!!Karya Seni dan satra yang mengagumkan………..Andrea Hirata Mewujudannya dengan lahirnya Laskar Pelangi!!!!!!!!!

Note : gak nyadar aku bias nulis comment sepanjang ini…hehe


Warnie Peach ^-^


Berikut ini adalah beberapa kutipan komentar tentang Laskar Pelangi dari orang2 ternama :

“Saya larut dalam empati yang dalam sekali. Sekiranya novel ini difilmkan, akan dapat membangkitkan ruh bangsa yang sedang mati suri.”

- Ahmad Syafi’i Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah -

“Saya sangat mengagumi Novel Laskar Pelangi karya Mas Andrea Hirata. Ceritanya berkisah tentang perjuangan dua orang guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan. Novel ini menunjukkan pada kita bahwa pendidikan adalah memberi hati kita kepada anak-anak, bukan sekadar memberikan instruksi atau komando, dan bahwa setiap anak memiliki potensi unggul yang akan tumbuh menjadi prestasi cemerlang pada masa depan, apabila diberi kesempatan dan keteladanan oleh orang-orang yang mengerti akan makna pendidikan yang sesungguhnya.”

- Kak Seto, Ketua Komnas Perlindungan Anak -

Andrea Hirata memberi kita syair indah tentang keragaman dan kekayaan tanah air, sekaligus memberi sebuah pernyataan keras tentang realita politik, ekonomi , dan situasi pendidikan kita. Tokoh2 dalam novel ini membawa saya pada kerinduan menjadi orang Indonesia…… A must Read!!!!

- Riri Riza , sutradara -

“Seru! Novel ini tidak mengajak pembaca menangisi kemiskinan, sebaliknya mengajak kita memandang kemiskinan dengan cara lain.”

- Koran Tempo -









posted by Warnie_peach @ 8:04 PM  
1 Comments:
  • At October 23, 2008 at 9:38 PM, Anonymous Anonymous said…

    huekkekeke...kasihan rek durung tau ndelok laskar pelangi. reques ngunu lo ndek irama, ben ndang di puter..mosok wes basi baru di puter filme...lek ndelok CD ne gak seruuuu...gak iso ngguyu rame-rame hehehheheheh

     
Post a Comment
<< Home
 
 
HOME
PeaChZa Web
PeaChZa Review
About Me
My Photo
Name:
Location: Gandrung City, East Java, Indonesia

about me???hehhehe, Only people that could consider how myself. definitely,I did not like to be sad......

Recent Post
Archives
Quote

Sometimes in the midst of life, we forgot some basic things in life. One thing should not be forgotten, though. The people who love us more than they love themselves...

My Friends
Harry Potter Area
Author Novels Blogroll
My Blogroll
Web Of Publishing